Pilih Bahasa


Tuesday, July 17, 2012

Cara Uninstall Live Security Platinum

Posted by Nanda 7:43 PM, under | 4 comments

Beberapa waktu lalu komputer saya "dibajak" oleh sebuah malware yang mengatasnamakan dirinya "Live Security Platinum". Pada awalnya saya juga merasa heran, lagi asik di depan kompi tiba-tiba saja muncul sebuah tampilan quick scan yang tidak saya kenal karena berbeda dengan antivirus yang saya gunakan, seketika itu juga segala aktivitas yang saya kerjakan "dipaksa" berhenti, sistem sekuriti jadi-jadian ini juga mengclosing browser kesayangan saya secara otomatis dan tidak bisa dibuka kembali, tampilan quick scan-nya juga sungguh meyakinkan sampai-sampai "ngarang" nama-nama virus dan malware yang dia temukan di komputer saya... saya pun merasa bingung, soalnya malware ini terinstall dengan sendirinya tanpa seizin saya, hati-hati saja sebab software ini mengaku-ngaku sebagai antivirus-malware padahal software itu sendirilah "penjahat" yang sebenarnya karena kita "dipaksa" untuk membeli software ini jikalau ingin kembali bebas beraktivitas seperti biasa di depan komputer, jika komputer kita terinfeksi, maka segala aktivitas kita sangat dibatasi termasuk upaya untuk meng-uninstallnya, pusing juga kan kalo sudah seperti ini...

adapun ciri-ciri komputer yang terinfeksi yaitu munculnya tampilan "fake quick scan" seperti ini:







dan dialog box palsu seperti ini :







Nah, jika sudah terjadi demikian, bagaimana cara mengatasinya? anda ingin membayar software tersebut? tidak usah buang-buang duit. cukup ikuti cara yang saya lakukan!

Di bawah ini saya coba berikan cara jitu yang pernah saya coba sendiri untuk menghapusnya, tapi sebelum itu, pastikan jaringan internet anda masih berjalan.


  • Restart komputer anda kemudian masuk ke menu pilihan Safe Mode (dengan menekan tombol F8 beberapa saat setelah anda menekan tombol restart) dan pilih pilihan Safe Mode with Networking seperti gambar berikut:


  • Lalu pilih profil user yang komputernya terinfeksi
  • Jika sudah berhasil masuk ke menu desktop, silakan buka browser anda kemudian download dan install software anti-malware Malwarebytes dari link ini 
  • Setelah terinstall, lalu bukalah folder di mana anda menginstallnya dan cari folder bernama Chameleon
  • Buka folder tersebut dan klik dua kali pada svchost, lalu akan terbuka tampilan DOS/command prompt window
  •  Tekan tombol apa saja untuk melanjutkan begitu muncul tulisan Press any key to continue
  • Malwarebytes Chameleon akan berusaha meng-update databasenya, jadi pastikan internet anda sudah dalam keadaan tersambung.
  • Setelah update selesai, Malwarebytes Chameleon akan segera memusnahkan seluruh ancaman termasuk software sistem keamanan jadi-jadian tersebut, jadi harap bersabar dan tunggulah beberapa saat.
  • Setelah pemusnahan selesai, secara otomatis Malwarebytes Anti-malware akan terbuka dan melakukan quick scan. 
  • Setelah proses scan selesai, tekan tombol Show Results dan hapuslah semua ancaman yang ditemukan dengan menekan tombol Remove Selected.
  • Kemudian jika anda diminta untuk merestart komputer anda, maka pilih Yes.
  • dan setelah komputer aktif kembali, bukalah Malwarebytes Anti-malware dan lakukan quick scan sekali lagi untuk memastikan apakah ada ancaman yang masih tersisa.

    Cara diatas sangat ampuh untuk menghapus/ uninstall Live Security Platinum

    Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat.

4 komentar:

makasih masukannya gan...live sekuriti asu itu...kejadiannya sama persis sperti yg sy alami...dia mengidentifikasi virus,,padahal dia sendiri virusnya...sekuriti dancok iku...
tp kmrin hbis kena sekuriti dancok itu, sy lgsg restart..trus buka task manager dan di stop sekuriti dancoknya...bru kmdian uninstall melalui control panel..ato cari di file location trus delete satu per satu, filenya ada 3. trus bersihin rycicle bin...stlh itu untuk amannya full scan ...Insya Alloh, aman deh komputer kita

sama2 gan. waahhh Thanks juga nih gan infohnya ^^ dapet ilmu lg deh hehe

Setelah prosedur diatas slesai dan laptop sy sudah bersih, apa software anti-malware Malwarebytes harus di uninstall? Karna sy ingin tetap memakai security essential. Thx gan..

Bisa saja gan. silakan diuninstall, kalo gejala serupa balik lagi kan bisa diterapkan lagi prosedur diatas. hehehehe

Post a Comment

Silakan Tulis Komentar Anda

Tags

Labels

Blog Archive

Blog Archive