Pilih Bahasa


Monday, October 22, 2012

Tips Mengatasi Remote Alarm Mobil Yang Macet

Posted by Nanda 6:01 PM, under | 24 comments

Kadangkala gangguan frekuensi dapat terjadi sewaktu-waktu, terutama ketika Anda berada di daerah dekat dengan antena pemancar atau menara BTS (Base Transceiver Station) milik operator seluler. Beberapa sistem alarm bawaan mobil bisa mengalami kelumpuhan akibat gangguan frekuensi yang yang dihasilkan oleh antena tersebut.

Masalah ini akan langsung menyerang remote control  alarm kendaraan yang langsung tidak berfungsi. Alhasil, anak kunci perlu digunakan untuk membuka pintu, meski dengan konsekuensi sirene alarm akan langsung menjerit, dan sistem pengaman mengaktifkan antistater.

Dalam kondisi normal, hal ini menandakan sistem keamanan bekerja dengan baik lantaran mampu melumpuhkan mobil hingga tidak bisa diaktifkan oleh pencoleng. Celakanya hal ini terjadi pada si empunya kendaraan tersebut. Otomatis kondisi ini merepotkan sang pemilik.


Risiko menjadi lebih besar pada mobil-mobil Daihatsu Xenia, Hyundai Avega, Suzuki APV, dan kendaraan lain yang tidak dilengkapi dengan immobilizer  pada kuncinya. Pasalnya anak kunci tidak dapat memberikan identitas kepada komputer mobil untuk mengabaikan kondisi yang tidak lazim tersebut.

Dan kejadian di atas tidak hanya karena adanya gangguan frekuensi. Terkadang kondisi remote control-nya yang rusak atau kehabisan tenaga baterai. Efek yang terjadi akan sama. Namun cara penanganannya saja yang berbeda.

Mendeteksi adanya gangguan sinyal
1. Jangan panik. Pastikan remote control  alarm mobil Anda bekerja dengan memperhatikan indikator LED pada remote  tersebut.

2. Jika pada remote control  tidak terdapat lampu indikator, tak ada cara lain selain mengganti baterai yang ada di dalamnya. Namun perlu diingat, umumnya baterai remote  alarm ini bisa bertahan lebih dari 1 tahun pemakaian. Jadi seandainya hal ini terjadi pada mobil Anda ang berumur di bawah 1 tahun, bisa dipastikan sedang terjadi interfensi frekuensi di sekitar mobil Anda.

3. Sebelum membuka mobil dengan anak kunci, dekatkan remote  pada posisi receiver  di mobil. Posisi penerima sinyal tersebut bervariasi, bisa di bawah dasbor ataupun di balik jok belakang.

Dekatkan kunci ke wilayah kaca depan jika penerima sinyal remote  mobil terletak di bawah dasbor. Atau dekati ban belakang kanan atau kiri untuk mobil dengan posisi receiver  di belakang.

4. Jika masih tidak berhasil, bukalah mobil dengan menggunakan anak kunci, masuk ke dalam mobil dan tutuplah kembali pintu agar sirine alarm berhenti menjerit. Hal ini bisa sedikit mengurangi gangguan frekuensi yang terjadi dari luar mobil. Kemudian, dekatkan remote  sesuai dengan posisi receiver.

5. Jika remote control  tetap tak mampu menjinakkan alarm, terpaksa Anda harus mencari saklar darurat untuk mematikan sistem pengaman tersebut. Untuk langkah ini, Anda harus menghubungi bengkel resmi untuk mengetahui posisi dan prosedur langkah darurat selanjutnya.

Mengganti sumber daya remote mobil
Tidak selalu masalah remote control  alarm ini diakibatkan oleh kepadatan frekuensi di wilayah Anda memarkir kendaraan. Terkadang kondisi baterai sebagai sumber daya remote  sudah lemah bahkan habis.

Secara umum terdapat 2 jenis baterai yang menjadi standar remote control  alarm. Pertama adalah tipe CR2016 yang pipih dan memiliki bentuk seperti baterai jam tangan. Jenis kedua adalah baterai tipe 23A dengan ukuran ½ dari baterai AAA. Kedua baterai ini biasa tersedia di bengkel resmi maupun toko variasi mobil.

Smart key
Jika mobil Anda sudah menggunakan Smart Key,  dan fitur ini gagal bekerja, lakukan langkah-langkah seperti yang diuraikan pada boks 1. Untuk membuka pintu secara manual, gunakan anak kunci yang tersembunyi di dalam remote smart key  Anda. 



Sumber: AutoBildIndonesia 

24 komentar:

terimakasih infonya nih,

altis susah banget broo..
udah coba ganti batere masih juga gak bisa..

Masalahnya yaris gua gak bisa nyalain mesin pake kunci. Ada pencetannya

nah alrm ku bisa tapi gak mau nguci.
www.rentalmotorjogja.co.id
www.senjawisata.blogspot.com

kalau nissan ku alarm nya gak fungsi kunci pintu & buka trus lampu sensornya nyala truss..biasanya kalo pintu ditutup gak nyala...gmn tuh gan

Luxio. Ada alaremnya gs?

Bisa masuk lewat manual tapi mesin tak bisa di hidupkan.... Gimana cara menghidup kan nya

Bisa masuk lewat manual tapi mesin tak bisa di hidupkan.... Gimana cara menghidup kan nya

Kalau kuncinya tercebur air sehingga alarmnya macet apa dengan ganti baterai bisa lagi ? Soalnya indikator merah pada remot mah nyala kedap kepip aja

Pendek cerita klu mogok hubungi teknisix. Gitu aja ko repot

Pendek cerita klu mogok hubungi teknisix. Gitu aja ko repot

Crv ku jg spt itu gan.
Baru kemarin sore bikin jengkel.

Crv ku jg spt itu gan.
Baru kemarin sore bikin jengkel.

Gan boleh mnta skema pemasangan nya gak untuk kijang lgx, soalnya saya abis masang tapi door locknya gk ke kunci otomatis, alarm yg lama saya auto2000 nah yg baru merk fortech, tolong pencerahannya gan??

Gan boleh mnta skema pemasangan nya gak untuk kijang lgx, soalnya saya abis masang tapi door locknya gk ke kunci otomatis, alarm yg lama saya auto2000 nah yg baru merk fortech, tolong pencerahannya gan??

nupang tanya gan, bila remote mobil sudah lama mati , apakah bisa diperbaiki? trimakasih pencererahannya..

silahkan yang butuh servis remote, hubungi kami
ahlikunci.net

Minta infonya gan...kalau Tombol star pada mobil Camry hybrid tidak mau menyala,dan pedal rem agak keras...bgaimana cara mengatasinya? Trima ksh

Sama dg punyaku skrg ini... Solusinya gmn ini ya?

maaf gan remot mobil kami kalau di pencet kurang sensitip apa masalahnya

Mobilku mobil lama, biasanya kalo udah dikunci dg remote didasbor lampu akan nyala berkedip kedip. Nahh skrg kondisi remote utk ngunci atau mbuka pintu lagi ada mslh, biasanya kalo mesin udah panas fungsi remote normal tp kalo mesin udah dingin kok trs macet fungsinya... Kenapa ya??

Nyimak bos kondisi sama.dan apakah sudah ada solusi dan menemukan cara mengatasi kejadian tersebut?

Post a Comment

Silakan Tulis Komentar Anda

Tags

Labels

Blog Archive

Blog Archive